MASJID AGUNG – KUDUS

Masjid Agung Kudus adalah Masjid yang terletak di Kudus, Jawa Tengah. Masjid Agung Kudus ini dibangun pada tahun 1549 Masehi / 956 Hijriah. dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina. Masjid ini dibangun ketika Sunan Kudus menyebarkan agama islam di daerah Kudus.

Masjid Agung Kudus dinamakan Masjid Alun – Alun, karena realitas perpindahan Masjid Kriya yang berada di selatan Alun-Alun yang sudah lama rusak. 

Masjid Agung Kudus ini memiliki 2 bagian, yaitu bagian utama yaitu menara Masjid dan luas tanahnya 2.403 m², luas bangunan 1.409 m², dan tinggi menara 30 meter dan bisa menampung kurang lebih 1700 jama’ah.

SEJARAH MASJID AGUNG – KUDUS

Masjid ini dibangun bukan hanya sekedar untuk beribadah saja, tetapi  tempat yang dibangun melalui proses adaptasi ajaran Islam. Dan pada saat itu, Masjid Agung Kudus ini menjadi tempat berdakwahnya Sunan Kudus yang dengan bijaksana  mengajarkan agama Islam mayoritas masyarakat  yang memeluk agama Hindu dan Budha.  

Masjid ini juga memiliki keunikan di pintu gerbangnya  yang berbentuk candi. Dan di dalam menara terdapat tangga yang terbuat dari kayu jati yang dibuat pada tahun 1895 M. Bangunan dan hiasan arsitektur jelas menunjukkan adanya hubungan dengan kesenian Hindu Jawa.

Kaki dan badan menara dibangun dan diukir dengan tradisi Jawa-Hindu, yang material batu bata yang dipasang tanpa perekat semen. Teknik  tradisional Jawa yaitu pada bagian kepala menara yang berbentuk suatu bangunan berkonstruksi kayu jati serta empat batang saka guru yang menopang dua tumpuk atap tajug. Pada bagian puncak atap tajug terdapat (kepala) seperti pada puncak atap tumpang bangunan utama masjid-masjid tradisional di Jawa yang jelas merujuk pada unsur arsitektur Jawa-Hindu. Dengan keunikan dan keragaman yang ada pada Masjid Menara Kudus, banyak pihak yang mencari jawaban pelajaran dan pengetahuan apa saja yang didapat dari pembangunan Masjid Agung Kudus ini.

>

>

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubahmasjidindo.com/

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *