Membuat Ikan Bandeng Asap

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang resep ikan bandeng asap santan. Tahuah anda dengan ikan asap? simak berikut ini.

1. Pengertian

Ikan asap adalah ikan yang diawetkan dengan pengasapan. Salmon biasa diasap untuk membuat lox, dan beberapa spesies ikan seperti bandeng, hering, makeler, tongkol, tengiri, dan gabus juga biasa diasap panas. Ikan asap banyak ditemukan dalam masakan Rusia, Yahudi, indonesia, dan Skandinavia, begitupun dari Eropa bagiantimur serta tengah.

2. Sejarah Pengasapan Ikan

Ikan asap sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Konon terjadinya tanpa disengaja. Ketika itu kebanyakan orang mengawetkan daging dan ikannya dengan cara dikeringkan dibawah terik matahari yang panas.

Tetapi saat musim hujan dan musim dingin tiba orang mengeringkan dengan bantuan api dibawah tungku yang ada di dapur, sehingga pengaruh asap pun tidak bisa dihindarkan.

Ada pula versi lain yaitu pada zaman batu orang mempersiapkan makanannya termasuk ikan masih dengan cara sangat sederhana yaitu dibakar atau dipanggang diatas api sebelum disantap. Tentu saja pengaruh asap juga tidak dapat dihindarkan.

Sebab dari pengolahan tersebut makananpun bercita rasa asap dan warnanya kecokelatan. Aroma asap itu ternyata disukai orang dan tekstur ikan yang diasap menjadi lebih bagus dan ikanpun menjadi lebih awet.

Sejak saat itu pengasapan mulai berkembang dan teknis pengasapannya pun tidak banyak adanya peruahan.

3. Kandungan Gizi

  • Omega-3

Kandungan docosahexanoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) terdapat di daging ikan, zat ini sangat berguna untuk perkembangan sel-sel otak  yang berguna bagi kecerdasan dan  untuk mempertajam penglihatan pada mata.

  • Protein

Protein merupakan zat pembangun yang sejajar dengan daging, lebih mudah untuk dicerna, mendekati asam amino dalam tubuh manusia, mengandung asam amino paling lengkap terutama lysine dan theroin.

  • Vitamin

Vitamin A: sebagai antioksidan, mata sehat,  Vitamin D: untuk metabolisme kalsium dan pertumbuhan tulang, Vitamin B6: sebagai metabolisme asam amino dan lemak, mencegah anemia dan kerusakan syaraf, Vitamin B12: pembentukan sel darah merah, metabolisme lemak, melindungi jantung.

  • Mineral

Zat besi: pembentukan sel darah merah, Yodium: kesehatan thyroid, mencegah gondok, Selenium: antioksidan, Seng: membantu kerja enzym dan hormon, Fluor: kesehatan gizi.

  • Bio Active

Komposisi nutrisi yang sangat baik untuk menguatkan vitalitas tubuh

  • Asam Lemak Tak Jenuh

Mengandung High Density Lipoprotein (HDL)/kolesterol yang baik dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Cara Membuat Ikan Bandeng Asap

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Bandeng bakar asap :

  • Bisa pake ikan apa aja klu saya ada bandeng.
  • Bumbu halus:.
  • 5 siung bawang putih.
  • 1 ruas kunyit.
  • 1 sendok ketumbar.
  • secukupnya Garam.

Meski berduri halus, ikan bandeng kerap jadi pilihan karena dagingnya yang lembut dan gurih. Ikan ini sangat mudah menyerap bumbu sehingga olahan sederhana seperti ikan bakar bumbu pun sudah. bandeng presto acar kunng. bandeng bakar cabut duri. Bandeng Presto Sukodono Bandeng presto adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari kota Sidoarjo, Jawa Timur. Hidangan ikan bandeng bakar special memang menjadi sajian yang lezat dan nikmat.

Langkah-langkah untuk membuat Bandeng bakar asap :

  1. Bersihkan ikan. Klu mau dipotong jadi dua juga bisa. Rendam dg bumbu halus.
  2. Untuk bakaran bisa pakai mesin ikan asap hasil yg maksimal. Bakar dg asap jgn sampai apinya menyalah… Tutup dg daun pisang.
  3. Sesekali lihat dan balik.
  4. jika sudah matang sajikan

saya sarankan agar mengunakan mesin lemari asap akan lebih maksimal dari hasil ikan asap nanti. Sekian dari artikel saya jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *