Membuat Keripik Potato Gurih Dan Enak

Dalam ulasan kali ini saya akan membahas cara membuat keripik kentang yang praktis dan sangat enak untuk anda semua nikmati bersama kerabat dan juga keluarga anda.

Kripik adalah jajanan khas dari Indonesia. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis keripik, ada keripik pisang, keripik tempe, keripik jamur, keripik belut, keripik usus, dan lain-lain. Namun pada ulasan kali ini saya akan membahas cara membuat keripik kentang.

Keripik Kentang adalah irisan tipis kentang yang dimasak dengan cara digoreng atau disangrai hingga kering. Keripik kentang umumnya disajikan sebagai camilan atau sebagai lauk untuk hidangan penutup utama.

Menu keripik paling sederhana disajikan dengan cara digoreng dan diasinkan, namun produsen dapat menambahkan berbagai jenis penyedap lainnya seperti bumbu atau psn.

Resep sederhana berbahan irisan kentang dan campuran sambal ini enak juga bila disantap dengan nasi putih hangat. Cara membuatnya yang praktis sangat cocok direkomendasikan sebagai menu makan harian di rumah.

Membuat Keripik Potato Gurih dan Enak

Bahan – Bahan

  • 500 gram kentang
  • 6 buah cabai merah besar, haluskan
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 2 lembar daun jeruk, buang batang, iris2
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan air asam jawa
  • 100 ml air
  • garam dan bumbu penyedap sesuai selera
  • minyak goreng

Cara Membuat Keripik Kentang Balado

  1. Kupas dan juga cuci bersih kentang, potong-potong atau iris tipis dengan menggunakan alat pemotong agar anda bisa lebih mudah. Goreng dalam minyak panas sampai kering semua kentangnya, angkat dan lalu tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, beri garam, gula, penyedap dan air asam lalu aduk rata. Tambahkan air dan lalu aduk sampai rata, masak hingga mendidih dan matang. Matikan api, setelah dingin dan lulu campurkan kentang goreng dengan bumbu dan aduk sampai rata.
  3. Keripik kentang balado siap untuk disajikan

Tips Membuat Kripik Kentang

Keripik kentang renyah terkenal dengan rasanya yang gurih, renyah dan enak. Namun tidak banyak orang yang gagal membuat keripik kentang.

Nah, sedikit cerita, saya dulu berkali-kali gagal saat mengaplikasikan cara membuat keripik kentang. Terkadang keripik kentang tidak terlalu renyah. Atau terkadang menjadi renyah, dan paling menjijikkan jika kentang terlalu berminyak.

Kalau begitu rasa kentang saya yang kering kurang enak dan kurang tahan lama untuk disimpan sebagai stok makanan kering di dapur, dan untuk jajanan untuk keluarga dan tamu saya. Namun akhirnya saya menemukan solusi yang tepat untuk membuat keripik kentang. Yuk simak tips cara membuat keripik kentang berikut ini.

  1. Perhatikan pemilihan kentang
    Untuk mendapatkan kentang goreng yang renyah, Anda semua harus benar-benar memperhatikan pemilihan kentang yang cukup bagus. Pastikan Anda menggunakan kentang yang benar-benar segar, dengan karakter keras saat ditekan.

Kentang yang masih sangat segar biasanya akan menghasilkan tekstur yang renyah dan sangat renyah saat digoreng, sehingga sangat cocok untuk diolah menjadi keripik kentang.

Selain itu, pastikan Anda memilih kentang yang agak besar dengan permukaan yang halus dan halus agar kentang tidak terasa pahit saat dijadikan keripik.

  1. Iris Kentang Secara Merata
    Hal terpenting yang harus Anda perhatikan saat membuat keripik kentang adalah ukuran potongan kentang yang pas. Setelah dikupas dan dicuci hingga bersih, pastikan Anda mengiris kentang menjadi irisan tipis merata agar sekaligus matang secara merata.

Anda bisa mengiris kentang secara manual dalam korek api atau Anda juga bisa membuat bentuk bulat tipis. Atau jika Anda tidak punya cukup waktu, Anda bisa memarutnya dengan alat pengiris chip stainless steel yang aman digunakan.

Jika menggunakan alat pengiris keripik ini maka ukuran irisan kentang pasti akan sama ukuran dan ketebalannya, sehingga bisa memudahkan untuk menggorengnya nanti.

  1. Rendam Kentang Dengan Larutan Air Garam
    Meski sudah memilih kentang berkualitas baik, namun tetap harus melakukan penanganan tambahan pada kentang tersebut, salah satunya dengan merendam kentang yang sudah diiris tipis dalam air larutan garam.

Rendam kentang selama kurang lebih lima belas menit atau lebih agar tidak lengket di goreng nantinya, lalu cuci kembali kentang hingga bersih dan siap untuk digoreng.

  1. Kentang Goreng Dengan Banyak Minyak
    Salah satu hal yang mempengaruhi keberhasilan keripik kentang adalah tekstur kentang yang tetap renyah setelah digoreng. Agar bisa mendapatkan tekstur seperti itu, kentang harus digoreng dengan minyak panas menggunakan teknik deep frying.

Selama menggoreng, hindari menambahkan terlalu banyak kentang, karena akan menyulitkan kentang untuk matang bersama dan merata. Hindari juga mengaduk kentang terlalu sering selama kentang tersebut digoreng atau kentang tidak menyerap terlalu banyak minyak.

  1. Buat Bumbu Bertekstur Kasar
    Saat Anda membuat bumbu untuk keripik kentang, sebaiknya jangan terlalu lembut. Karena bumbu yang terlalu halus akan mudah menggumpal dan juga membuat tekstur kentang menjadi kurang renyah seperti setelah digoreng sebelumnya.

Cara terbaik adalah membuat bumbu agak kasar agar tidak menggumpal dan dapat menyebar ke seluruh bagian kentang. Pastikan juga Anda menumis bumbu terlebih dahulu hingga benar-benar matang sebelum dicampur dengan keripik kentang.

Terimakasih telah membaca ulasan-ulasan dari kami dan jika anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat tongseng sapi yang sangat lezat dan bikin ketagihan anda bisa menyimak pada ulasan berikut.

Bagaimana cara membuat keripik kentang di atas? Selamat mencoba dan semoga resep ini bermanfaat bagi anda semua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *