Mengenal Bitcoin: Mata Uang Virtual Baru di Dunia Internet

Apa itu Bitcoin? Mungkin banyak dari kita yang masih belum memahami Bitcoin. Artikel ini akan mengulas secara singkat mata uang digital ini.

Akhir – akhir ini transaksi di internet berkembang dengan pesat. Bukan hanya beragamnya transaksi yang ada, kini muncul pula mata uang virtual baru bernama BitCoin. Mungkin sebagian dari Anda bahkan belum mengetahuinya karena baru pertama kali mendengar nama tersebut.

Namun, sejak diperkenalkan pada tahun 2009, mata uang unik ini sebenarnya sudah mulai digunakan oleh beberapa pemain e-commerce di dunia. Berikut ulasan lebih lengkap mengenai apakah dan bagaimana peran BitCoin sebagai alat transaksi online.

Apa itu Bitcoin dan bagaimana sejarahnya?

Apa itu bitcoin? BitCoin adalah mata uang virtual yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara online. Ketika ditanya dalam bentuk apa mata uang ini, yang jelas bukanlah mata uang fisik yang dikeluarkan oleh bank, juga bukan mata uang suatu negara. Bentuk mata uang unik ini hanya berupa file seperti file publik biasa.

File adalah enkripsi kode unik yang membuatnya berbeda satu sama lain. Dan seperti file mp3 atau word yang Anda miliki di perangkat komputer Anda, file BitCoin juga dapat disimpan di komputer atau flash disk atau software bernama BitCoin Digital Wallet. Selain itu, BitCoin juga dapat disimpan dalam layanan penyimpanan BitCoin di Internet dalam bentuk social cloud.

Menurut beberapa sumber, sejarah lahirnya BitCoin dimulai pada tahun 2007. Seorang ahli komputer mencoba mengembangkan model baru sistem mata uang virtual yang tidak terikat oleh pihak atau otoritas manapun. Nama orang itu adalah Satoshi Nakamoto. Pria asal Jepang ini mengaku telah mengembangkan BitCoin selama 2 tahun dan mulai merilisnya di internet pada tahun 2009 dan akhirnya menyebar hingga saat ini.

Namun, ada beberapa ahli yang mengklaim bahwa penemunya adalah nama fiktif dan tidak ada orang yang nyata dengan nama itu. Ada beberapa ahli yang menyatakan bahwa mata uang BitCoin adalah sesuatu yang diciptakan oleh seseorang atau sekelompok orang yang benar-benar ingin menciptakan persepsi baru dalam dunia transaksi online. Dan tujuan utamanya tentu untuk mengambil keuntungan.

Namun, kembali lagi, meski banyak cerita yang beredar, nyatanya saat ini sudah ada orang yang bertransaksi menggunakan BitCoin dan sepertinya hal ini semakin marak bahkan sudah menyentuh komunitas virtual di Indonesia. Anda dapat menemukan beberapa informasi di Kaskus karena tidak sedikit yang telah memperdagangkan BitCoin di sana.

Penyebaran BitCoin

Jika ditanya bagaimana nilai dan spread mata uang BitCoin tersebut. Mengenai distribusi saat ini, BitCoin telah menyebar hampir di seluruh dunia. Namun, ada beberapa negara yang dengan tegas menolak penggunaan mata uang BitCoin sebagai sarana transaksi online.

Negara-negara tersebut antara lain China dan Singapura, negara-negara tersebut memang menolak penggunaan BitCoin sebagai alat trading legal karena sifatnya yang tidak aman. Selain itu, BitCoin juga dikhawatirkan akan berdampak negatif terhadap stabilitas transaksi online di Tanah Air.

Mengenai nilai BitCoin, jika ditukar dengan dolar AS, ada yang berpendapat bahwa saat ini nilai 1 BitCoin atau 1B (simbol Bitcoin) bernilai $195 dolar. Namun, nilai ini akan terus berubah sesuai dengan jumlah BitCoin saat ini. Hingga saat ini, diperkirakan ada 21 juta BitCoin, yang meningkat sebesar 25 BitCoin per menit di seluruh dunia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.