Mengenal Perusahaan Power Plant Indonesia

Perkembangan listrik di Indonesia dimulai pada abad ke 19, saat itu ada sejumlah perusahaan milik Belanda yang bergerak di bidang perkebunan berupa pabrik teh dan gula. Untuk kepentingannya memiliki daya listrik, akhirnya mereka membangun pembangkit listrik untuk kepentingan pribadinya.

Setelah itu, Belanda memperluas bidang usaha berupa perusahaan gas swasta milik Belanda yang dinamakan NV NIGMM (Naamloze Vennootschap Nederlanche Indische Gas Maatschappi), Belanda pun kembali memperluas bidang pembangkit listrik untuk kepentingan umum dan mendapatkan izin konsesi yang disahkan pada tahun 1890 yang saat ini menjadi perusahaan.

Berikut ini mengenal lebih dekat perusahaan power plant Indonesia yang perlu Anda ketahui, simak penjelasannya di bawah ini:

Mengenal Perusahaan Power Plant di Indonesia

Perusahaan power plant Indonesia atau biasanya disingkat dengan IP sebagai anak perusahaan dari PLN yang menjalankan usaha komersial di bidang pembangkit listrik. Seiring dengan meningkatnya manfaat daya listrik untuk masyarakat sejak tahun 1927, pada akhirnya pemerintah membentuknya menjadi PLN (perusahaan listrik negara) yang juga mengelola PLTA (pusat listrik tenaga air) di berbagai wilayah. Kemudian, keseluruhan pembangkit tersebut diserahkan dan dikelola oleh PLN PJB 1 pada tahun 1955 dari beberapa pembangkit lainnya yang berkapasitas yang jauh lebih besar.

Tujuan dari Perusahaan Power Plant Indonesia

Tujuan perusahaan power plant Indonesia membangun bidang ketenagaan listrik, tenaga air, dan sebagainya. Dalam bidang tenaga listrik status PLN di tahun 1994 telah berubah menjadi PT PLN (persero). Ditahun 1955 kembali menyandang status baru dan menindaklanjuti dengan meningkatkan fungsi PLN P2B yang menambah tugas penyaluran dan berubah menjadi PLN P3B.

Dengan adanya perubahan pada fungsinya, maka KJT dan KJB hanya difokuskan untuk fungsi di bidang pembangkitan. 2 organisasi yang menjadi anak dari PT PLN (persero) adalah PJB I (pembangkit tenaga listrik Jawa-Bali) dan PJB II (pembangkit listrik Jawa-Bali II. Masing-masing organisasi memiliki tugas dan tanggung jawabnya sendiri.

Demikianlah informasi terkait dengan pengenalan perusahaan power plant Indonesia yang kurang kita ketahui.

Leave a Comment

Your email address will not be published.