pembuatan keset dari sabut kelapa

Pembuatan Keset dari Sabut Kelapa

Pembuatan Keset dari Sabut Kelapa – Kelapa terkenal dengan berbagai khasiatnya, mulai dari akar sabut, batang, daun, hingga buahnya.

Kelapa juga banyak dimanfaatkan untuk akarnya, dari akarnya kita bisa membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa.

Sabut kelapa merupakan bagian dari mesocarp (selimut) yang merupakan sabut kelapa kasar.

Sabut kelapa yang biasa disebut limbah, hanya ditumpuk di bawah pohon kelapa kemudian dibiarkan membusuk atau mengering. Sebagian besar digunakan untuk kayu bakar.

Secara tradisional masyarakat mengolah sabut kelapa untuk dijadikan tali dan dianyam menjadi lidi. Padahal sabut kelapa masih memiliki nilai ekonomis yang cukup baik.

Sabut kelapa bila dipecah akan menghasilkan sabut kelapa (cocofibre) dan sabut kelapa (cococoir).

Namun, produk inti dari sabut adalah serat sabut. Produk Cocofibre akan menghasilkan berbagai macam produk turunan dengan manfaat yang luar biasa.

Sabut kelapa biasanya dibuat dari kerajinan tangan yaitu kerajinan tangan dari sabut kelapa.

Pembuatan Keset dari Sabut Kelapa

Selama ini masyarakat hanya mengenal produk sabut kelapa sebagai alas rumah, karena produk inilah yang paling banyak digunakan di masyarakat.

Beragam produk loyalty dengan nama yang diberikan sesuai kebutuhan seperti welcome, welcome, bonjour, bula dan lain sebagainya menambah citra positif saat dipasang di depan rumah atau kantor anda.

Hal lain tentang penggunaan alas sabut kelapa juga banyak digunakan untuk penyaringan merkuri di pertambangan emas. Menurut penambang emas, penyaringan merkuri menggunakan keset lebih efektif.

Bahan:

  • Sabut Kelapa
  • Palu
  • Pusau / gunting besar untuk finishing

Cara Membuat Keset dari Sabut Kelapa:

  1. Siapkan yang tepat untuk menenun sabut (bisa dengan tiang yang memanjang)
  2. Siapkan tali yang akan menjadi alur untuk menenun.
  3. Anyaman sabut kelapa (seperti tenun), status dari atas, disusun sejajar sampai semuanya penuh.
  4. Tiap kali mendapat antrean, tolak dengan pukulan dari atas agar matras penuh & kuat.
  5. Potong dengan pisau / gunting sisa sabut kelapa.

Fungsi Keset dari Sabut Kelapa

Keset dari Sabut Kelapa ini memiliki fungsi sebagai berikut

1. Pembersih

Keset dari Sabut Kelapa ini bisa membersihkan kaki dengan lebih bersih. Bandingkan dengan keseimbangan bahan lain karena sabut kelapa mampu membersihkan kotoran di kaki secara maksimal.

Karena sabut kelapa ini bisa membersihkan sela-sela kaki dan sela-sela jari kaki. Dengan fungsi ini keset ini akan merasakan fungsinya

2. Bahan bakunya mudah didapat

Karena bahan dasar sabut kelapa ini bisa dibuat dari sabut kelapa kering. Dengan bahan bakunya yaitu sabut kelapa yang mudah ditemui dimana-mana, karena merupakan alas sabut kelapa.

Keset dari Sabut Kelapa ini sangat terjangkau di kantong dan juga mudah ditemukan di warung-warung lokal. Apalagi sekarang sudah mudah ditemukan dengan membeli secara online.

3. Tidak Berubah Warna Atau Tidak Mudah Pudar

Keset dari Sabut Kelapa ini terbuat dari bahan alami sehingga warna yang diberikan adalah warna yang tergores yaitu coklat.

Keset dari Sabut Kelapa ini juga memiliki warna asli dengan warna tersendiri, dan juga tidak luntur. Karena warna yang pudar mungkin membuat kita khawatir.

4. Keset dari Sabut Kelapa Lebih Halus

Sayangnya, kelapa ini bisa dibuat dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Alas yang empuk akan menghasilkan permukaan yang sangat halus.

Sangat padat dan sangat padat. Proses pembuatan ini ditenun oleh pengrajin. Anyamannya sangat kuat dan strukturnya mirip, yang membuat keset ini sangat tahan lama.

Dengan daya tahan yang lama atau awet ini sebagai pilihan bagi yang membutuhkan keset. Dengan ketahanan ini, fungsi loyalitas bisa dirasakan.

Bahan baku ini terbuat dari sabut kelapa yang merupakan bahan utama yang digunakan dan juga dengan motif yang digunakan dari ijuk atau ijuk.

Selain keset, ada juga cocomesh jaring sabut kelapa yang merupakan produk dari sabut kelapa.

Anda bisa menemukan orang-orang yang jual cocomesh murah dan berkualitas di mana-mana, termasuk di toko perlengkapan rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *