Perlu Anda Ketahui Jenis Usaha Apa Saja di Jogja yang Harus Membayar Pajak

Bisnis menjadi kegiatan ekonomi yang banyak diminati oleh masyarakat. Perkembangan bisnis ini tidak dapat dilepaskan dari kesadaran masyarakat tentang peluang usaha dan penciptaan keuntungan. Ada banyak kelebihan dari memiliki usaha salah satunya terkait dengan efisiensi dan efektivitas waktu. Terdapat beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis. 

  1. Respon Masyarakat tentang bisnis yang akan Anda jalankan 
  2. Peluang keberlanjutan bisnis di masa depan

Dua hal di atas perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis. Penulis ingin menambahkan satu hal lagi yang perlu untuk Anda pahami sebelum memulai bisnis yakni usaha-usaha yang dikenai pajak. Artikel ini akan menyinggung juga persoalan pentingnya peran konsultan pajak dan penggunaan jasa konsultan pajak. 

Pajak merupakan sumber pendapatan yang cukup potensial baik pusat maupun daerah. Pemungutan pajak dilakukan dengan mengikuti ketentuan yang telah disusun oleh Menteri Keuangan. Oleh karena itu, pengenaan pajak tidak dilakukan secara asal-asalan. Lalu, apa gunanya pajak bagi kehidupan masyarakat? 

Pajak yang terkumpul dapat digunakan untuk membiayai banyak hal termasuk pembangunan ekonomi dan struktural. Alasan inilah yang menjadi dasar pengenaan kewajiban pajak bagi wajib pajak. Pembangunan yang didanai oleh pajak selanjutnya akan dimaksimalkan kegunaannya untuk kesejahteraan masyarakat. 

Jogja memang menjadi salah satu kota dengan sejumlah daya tarik yang memikat. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang mengunjungi kota ini. Banyaknya wisatawan juga diikuti dengan meningkatnya Jumlah mahasiswa yang menempuh studi di Jogja. Ini semua menjadi alasan pendorong tumbuhnya banyak usaha di Jogja. Lalu, apa saja jenis usaha yang dikenai pajak di Jogja? 

Jika merujuk pada peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Jogja, terdapat beberapa jenis usaha yang dikenai pajak yakni sebagai berikut:

  1. Pajak perhotelan adalah pajak yang dikenakan atas pelayanan yang disediakan oleh hotel. 
  2. Pajak untuk restoran adalah pajak yang dikenakan atas pelayanan yang disediakan oleh restoran. 
  3. Pajak untuk kegiatan hiburan adalah pajak yang dikenakan atas penyelenggaraan hiburan di Jogja. 
  4. Pajak pemasangan reklame adalah pajak yang harus dibayar karena adanya penyelenggaraan reklame. Reklame adalah media yang diperuntukkan bagi kegiatan komersial seperti memperkenalkan, mempromosikan, dan menarik perhatian umum. 
  5. Pajak untuk penerangan jalan adalah pajak dikenakan atas penggunaan tenaga listrik.
  6. Pajak untuk parkir adalah pajak yang dikenakan atas penyelenggaraan tempat parkir di luar bahu jalan. Pajak ini juga berlaku bagi penyedia penitipan kendaraan bermotor. 

Mengapa menggunakan jasa konsultan pajak? 

Ada banyak sekali konsultan pajak dan jasa konsultan pajak Jogja yang harus masyarakat Jogja dan bahkan non Jogja ketahui. Konsultan pajak ini memiliki tanggung jawab untuk memberikan layanan perpajakan kepada setiap wajib pajak baik individu maupun pelaku bisnis. Seorang konsultan pajak juga diwajibkan untuk mengikuti perkembangan undang-undang perpajakan. Pemahaman dan pengetahuan yang luas akan sangat membantu dalam menjawab berbagai keraguan wajib pajak. 

Tunggu apalagi? Segera hubungi konsultan dan jasa konsultan pajak pilihan Anda. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *