Produk Alat Rumah Sakit yang Paling Sering Dipakai

Produk Alat Rumah Sakit yang Paling Sering Dipakai dan Kegunaannya

Anda mungkin pernah berkunjung ke rumah sakit untuk check up atau menjenguk kerabat yang sakit. Di sana Anda akan melihat suster atau dokter menggunakan berbagai macam produk rumah sakit. Jika Anda penasaran tentang nama dan kegunaan alat tersebut, artikel ini akan menjelaskan secara rinci satu persatu.

Nama-nama dan Kegunaan Produk Rumah Sakit

Berikut ini adalah beberapa alat rumah sakit yang wajib Anda ketahui:

Stetoskop

Stetoskop adalah alat yang sering dibawa dan digunakan dokter saat pertama kali memeriksa pasien. Fungsi alat ini adalah untuk mendengarkan detak jantung, suara paru-paru, serta memeriksa gangguan yang ada pada usus dan lambung.

Termometer

Termometer adalah alat pengukur suhu tubuh. Berbagai jenis termometer antara lain termometer oral, termometer resital, termometer digital, dan termometer telinga.

Tensimeter

Alat yang sering digunakan untuk memeriksa tekanan darah disebut tensimeter. Ada bermacam produk tensimeter antara lain tensimeter manual dan tensimeter digital. Tensimeter digital dapat digunakan oleh siapa saja karena mudah dalam penggunaannya.

Timbangan Badan

Anda pasti sering melihat timbangan badan di ruang periksa atau di sekitar ruangan rumah sakit. Timbangan badan digunakan oleh dokter untuk mengetahui berat badan pasien guna keperluan diagnosa.

Penlight atau Senter Medis

Beberapa diagnosa membutuhkan senter medis untuk pemeriksaan telinga, mata, dan hidung pasien. Alat ini biasanya selalu dipersiapkan untuk membantu pemeriksaan agar lebih cepat.

Alat Infus dan Tiangnya

Untuk beberapa pasien ada yang membutuhkan infus sebagai pengganti makanan yang mengandung vitamin. Cairan elektrolit ini menjadi sumber gizi yang akan disalurkan langsung ke pembuluh vena. Alat medis ini hanya digunakan sekali pakai dan selalu ada di setiap rumah sakit.

USG atau Ultrasonografi

USG yaitu alat medis yang digunakan untuk menciptakan organ tubuh dengan memanfaatkan suara gelombang ultra. USG biasanya digunakan untuk mendeteksi rahim ibu hamil, serta organ tubuh lainnya seperti ginjal, liver, usus, dan sebagainya.

Hematologi Analyzer

Produk rumah sakit lainnya adalah hematology analyzer. Alat ini berfungsi untuk menganalisis sel-sel darah dan kondisi tubuh manusia. Alat ini akan membantu dokter dengan mudah mengetahui penyakit yang diderita pasien.

Produk-produk yang ada dan menjadi hal yang kerap digunakan di rumah sakit tersebut bisa Anda dapatkan dari paramount.co.id. Segala kebutuhan rumah sakit Anda akan tersedia di sana.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *