Proses Pembuatan Virgin Coconut Oil

Hai teman teman apa kabar kalian semua ? kali ini kita akan membahas tentang proses pembuatan virgin coconut oil . Kita tau kalau indonesia adalah negara yang kaya akan hasil alam terutama di buah kelapa nya yang sangat melimpah . Anugrah ini seharusnya dapat kita manfaatkan dengan baik misalnya dibuat virgin coconut oil misalnya.

Apa itu VCO?

VCO adalah salah satu produk minyak atsiri yang terbuat dari daging kelapa. Sesuai dengan namanya, vco sebenarnya terbuat dari kelapa segar yang diolah tanpa pemanasan. Membuat vco murni tanpa menggunakan campuran dan bahan kimia apapun. Karena itu, vco adalah salah satu jenis minyak esensial yang paling sehat. Berikut beberapa keunggulan vco:

1. Pengolahan sederhana dan tidak repot repot. Tidak perlu menambahkan bahan kimia
3. Kandungan bahan kimia dan nutrisinya terjaga dengan baik
4. Ekonomis dan biaya produksi tidak terlalu mahal

ALAT

  • Blender
  • Toples plastik transparan diameter 30 cm
  • Baskom 2
  • Mesin parut kelapa
  • Filter santan < / li>
  • Kertas saring
  • Selang plastik bening
  • Botol VCO 250 ml
  • Sendok

B. Bahan

  • 10 buah pohon kelapa tua matang
  • VCO jadi / 1 liter minyak goreng bening
  • 6 liter air

PROSES PEMBUATAN

1. Kelapa diparut dan ditambahkan 6 liter air untuk diperas.
2. Masukkan santan ke dalam toples dan biarkan terendam selama 25 menit, menjadi 2 lapisan.
3. Lapisan atas santan kental dan lapisan bawah air. Buang air dengan selang. 4. Lapisan atas santan kental campur dengan VCO sebagai joran sambil diaduk hingga rata.
5. Simpan pada suhu ruang selama 8 jam hingga menjadi 3 laposan; bagian atas minyak, bagian tengah blondo dan sebagian besar di bawah air (kadang-kadang minyak di tengah dan blondo di atas).
6. Buang air dengan selang.
7. Siapkan alat penyaring, botol air mineral, kertas saring, kapas dan batu ziolit.
8. Ambil mie dengan sendok dan taruh di saringan. Hasil VCO yang bening seperti air mineral, langsung dikemas ke dalam botol, disegel dan diberi label.

Minyak kelapa murni adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa, diambil minyak atau bijinya, diproses dengan pemanasan yang terkontrol atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB.

Pemurnian minyak kelapa di atas menghasilkan kandungan senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh secara utuh. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam larut memiliki khasiat antibiotik, anti bakteri dan jamur.

Minyak kelapa murni atau yang lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan modifikasi dari proses pembuatan minyak kelapa sehingga menjadi produk dengan kadar air rendah dan kadar asam lemak bebas, warna bening, wangi, dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup. lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Pembuatan virgin coconut oil memiliki banyak keunggulan yaitu:

  • tidak memerlukan biaya mahal, karena bahan baku mudah didapat dengan harga murah
  • pengolahannya sederhana dan tidak terlalu ribet, serta
  • menggunakan energi yang minim, karena memang tidak menggunakan bahan bakar, agar kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga, terutama asam lemak pada minyak.

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa atau sering disebut dengan minyak goreng (minyak kelapa kopra), minyak kelapa murni memiliki kualitas yang lebih baik. Minyak kelapa kopra akan berwarna kuning kecoklatan, tidak berbau, dan mudah tengik, sehingga umur simpannya tidak bertahan lama (kurang dari dua bulan). Dari segi ekonomi, minyak kelapa murni memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada minyak kelapa kopra, sehingga perlu dikembangkan kajian tentang pembuatan VCO.

Pemanfaatan minyak kelapa sebagai bahan bakar

Minyak kelapa dapat digunakan secara langsung sebagai bahan bakar seperti halnya solar. Minyak kelapa memiliki ketebalan 50-60 centi stoke, sedangkan solar adalah 5 centi stoke. Pada suhu antara 80-90 derajat Celcius, minyak kelapa memiliki ketebalan yang setara dengan solar. Salah satu inovasi yang dikembangkan oleh Jurusan Keteknikan Pertanian IPB adalah pemanfaatan temperatur gas buang untuk mengubah viskositas minyak kelapa menjadi sama dengan solar. Gas buang tersebut bersuhu 350-360 derajat Celcius, sehingga diperlukan koil pendingin.

Nah itu tadi sedikit yang bisa jelaskan semoga bermanfaat dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *