Resep Bawang Bombay

Bawang bombay (Allium Cepa Linnaeus) adalah jenis bawang yang paling banyak,luas dan banyak yang menggunakannya. Banyak juga yang memakai sebagai bumbu maupun bahan masakan, berbentuk bulat besar dan berdaging yang tebal.

Resep bawang bombay biasa banyak yang menggunakannya dalam memasak makanan di  indonesia tidak hanya menggunakannya sebagai hiasan tetapi juga bagian dari masakan.

Menyebutnya dengan bawang bombay karena dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombay sekarang adalah (Mumbai) India ke Indonesia.

Dibalik aromanya yang enak, ternyata bawang bombay juga menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. Bawang bombay mengandung kalori yang begitu rendah, dan kaya akan mineral,vitamin,serta antioksidan.

Sebutir bawang bombay juga mampu memenuhi vitamin B6, vitamin C, serta mangan. Bawang bombay juga mengandung folat, hingga zat besi, yang membuat manfaat bawang bombay menjadi semakin sangat kaya.

Biasanya,resep bawang bombay kerap banyak yang menggunakanya untuk upaya pengobatan dalam mengatasi masalah gangguan jantung dan pembuluh darah, masalah pencernaan, hingga sakit dalam tenggorokan dan mulut.

Tapi, di Indonesia malah terjadi sebaliknya. Dalam kuliner Tanah Air, bawang merah lebih sering digunakan jika dibandingkan dengan bawang bombay. Karena bawang bombay biasanya hanya memakai untuk masakan beberapa negara saja. Yang sudah beradaptasi pada selera lidah orang Indonesia.

Faktanya, bawang bombay yang sering banyak yang menggunakannya terdiri dari dua jenis, yaitu bawang bombay merah dan juga bombay kuning. Bawang bombay merah memiliki kulit dan umbinya yang berwarna merah.

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

  1. Menangkal radikal bebas. Bawang bombay mengandung banyak antioksidan dan senyawa antiradang.
  2. Menyehatkan sistem pencernaan. Selain bisa menangkal radikal bebas, bawang bombay juga bisa menyehatkan sistem pencernaanmu.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Menjaga kadar gula darah.
  5. Menurunkan risiko mengalami kanker.

Onion Ring

Onion ring adalah sebuah bentuk makanan pembuka atau hidangan camilan. Yang biasanya umum kita menemukan di negara-negara besar terkenal. Resep bawang bombay tersebut umumnya berbentuk seperti cincin. Bawang bombai berikut yang dicampur tepung roti atau mentega kemudian digoreng.

Onion ring memiliki rasa yang gurih dengan sedikit manis dari bawang bombay yang banyak difavoritkan. Biasanya menyantap resep bawang bombay ini dengan saus sambal pedas sesuai dengan selera.Makanan dengan bahan utama bawang bombay ini juga sangat terkenal di luar negeri.

Kalau di luar negeri mereka menyebut resep bawang bombay dengan onion blossom. Bedanya hanya dengan cara memotong bawangnya. Di luar negeri berbentuk seperti  bunga yang mekar.

Kalau di Indonesia cara memotong bawangnya mudah, cukup menggunakan pisau dapur dengan membentuk seperti cincin.Rasa resep bawang bombay onion ring Indonesia tidak kalah enak dibanding onion blossom. Tetapi tidak bisa memasaknya dengan sembarangan.

Untuk dapat mengetahui lebih detail tentang cara mengolah onion ring, silahkan melihat resep yang kami berikan berikut ini.

Resep Onion Ring

Berikut ini saya akan memberikan beberapa macam resep bawang bombay onion ring. Banyak yang menggemari dan menjualnya pada restorant.

1.Resep Onion Ring Crispy

Bahan-bahan :

  • 1 buah bawang bombay ukuran besar dikupas menggunakan Mesin pengupas bawang
  • Tepung roti atau tepung panir secukupnya saja
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • 2 cangkir tepung terigu
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 sdm tepung maizena
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air es secukupnya

Cara Membuat Resep Onion Ring Crispy :

  1. Cara membuat resep bawang bombay onion ring crispy pertama adalah mengiris bawang bombay bentuk lingkaran, lepas satu persatu hasil potongan supaya bawang semakin banyak.
  2. Merendam potongan bawang dengan air es selama 15 menit. Lalu Meniriskannya.
  3. Membuat adonan kering, mencampur tepung terigu, tepung maizena, kaldu bubuk, garam, dan merica. Mengaduk secara rata.
  4. Membaluri bawang dengan sedikit adonan tepung, lalu mensisihkannya.
  5. Membuat adonan basah, masukkan air es ke dalam adonan kering, mengaduk rata. Bikin adonan jangan terlalu kental tapi juga jangan terlalu encer.
  6. Mencelupkan bawang ke adonan basah, lalu membaluri dengan tepung roti atau panir.
  7. Menggoreng bawang sampai berwarna kecoklatan.

2.Resep Onion Ring Pedas

Bahan-bahan :

  • 1/2 bawang bombay besar, mengiris tipis
  • 2 siung bawang putih
  • Garam, ketumbar, lada, dan penyedap rasa secukupnya
  • 9 sdm tepung terigu
  • 2 sdt tepung tapioka
  • 1/2 sdm cabai bubuk
  • Air dingin
  • Minyak goreng

Cara Membuat Resep Onion Ring Pedas :

  1. Membuat celupan basah, mencampur 6 sdm tepung terigu dan 1 sdt tepung tapioka, menuang sedikit air, kemudian mengaduk rata.
  2. Menghaluskan dan bawang putih, ketumbar, dan garam.
  3. Membuat celupan kering, campur 3 sdm tepung terigu dan 1 sdt tepung tapioka, beri garam, lada, dan penyedap rasa,lalu mengaduk rata.
  4. Mencelupkan bawang bombay ke celupan basah. Selanjutnya gulingkan dalam adonan kering sampai habis.
  5. Menggoreng bawang bombay sampai kecoklatan. Mengangkat dan tiriskan.
  6. Kemudian menaburi dengan cabai bubuk.

3.Resep Onion Ring Keju

Bahan-bahan :

  • 2 buah bawang bombay
  • 2 bungkus tepung crispy serbaguna
  • Tepung terigu secukupnya (5-6 sdm)
  • Oregano secukupnya
  • 2 telur ayam
  • Tepung panir secukupnya
  • Saus sambal dan tomat
  • Keju parut secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat Resep Onion Ring keju:

  1. Memotong bawang bombay melintang, lalu memisahkan satu persatu.
  2. Untuk adonan basah, kocok telur, menambahkan tepung terigu, sedikit oregano, dan air. Kemudian mengaduk rata.
  3. Untuk adonan kering, mengaduk rata tepung crispy serbaguna dan tepung panir hingga rata.
  4. Mencelupkan bawang bombay ke dalam adonan basah, selanjutnya ke adonan kering sampai rata.
  5. Masukkan bawang bombay ke kulkas beberapa saat.
  6. Menggoreng bawang sampai kecokelatan, tiriskan.
  7. Mensajikan onion ring dengan taburan taburan oregano,lalu menambahkan sambal dan keju.

.

Ada yang menyatakan bahwa bawang bombay sangat berguna untuk orang-orang dengan penderita penyakit diabetes. Orang dengandiabetes tipe q dan tipe 2 yang memakan bawang bombay (berwarna merah) dalam penelitian ini menunjukan kadar gula darah yang lebih rendah.

Berikut ini merupakan artikel mengenai resep bawang bombay dan kegunaanya. Semoga bisa Untuk menambahkan wawasan dan ilmu kepada semuanya. Artikel ini juga sangat membantu untuk yang menginginkan usaha memakai bahan wajib bawang bombay.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *