Resep Kripik Bawang Gurih

 Masih rindu dengan suasana lebaran yang penuh dengan makanan-makanan khasnya? Tidak ada salahnya kalau kalian intip  ragam cara membuat kue bawang pada artikel kali ini.

Iya, kue bawang atau yang dikenal juga dengan keripik bawang memang salah satu suguhan khas lebaran jika kalian biasa bertandang ke rumah orang saat lebaran.

Sudah pernah membuat kue bawang sebelumnya? Jika belum yuk kita coba belajar membuat kue bawang dengan mengikuti artikel kali ini.

Karena bukan cuma kue bawang yang original saja lho yang akan penulis bagikan pada artikel kali ini. Banyak resep variasi kreatif dari kue bawang dengan aneka rasa. Yuk simak terus!

Cara Membuat Kue Bawang

Itu tadi sedikit tentang kue bawang. Kue yang satu ini bisa jadi camilan yang benar-benar akan membuat kalian ketagihan jika kalian membuatnya dengan komposisi yang pas.

Sekarang penulis akan membagikan beberapa resep kue bawang, mulai dari yang original hingga aneka variasi lainnya. Yuk simak cara membuat kue bawang!

1. Resep Kue Bawang Original

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Bawang Original :

  • 1 sendok teh penyedap rasa atau bisa diganti dengan lada bubuk.
  • 120 ml santan.
  • 150 gram tepung tapioka.
  • 2 sendok makan mentega.
  • 2 butir telur, kocok lepas.
  • 200 gram bawang merah.
  • 50 gram bawang putih.
  • 5 batang daun seledri, iris halus.
  • 500 gram tepung terigu.
  • Minyak sayur secukupnya
  • Garam secukupnya.

Alat Yang Digunakan Dalam Membuat Kue Bawang :

  • Blender
  • Pisau
  • Wajan
  • Rolling pin

Cara Membuat Kue bawang Original :

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan dan alat yang akan digunakan dalam membuat kue bawang.
  2. Selanjutnya, siapkan blender untuk menghaluskan bawang putih.
  3. Pada tempat terpisah masukan garam ke dalam santan agar tercampur rata, lalu tambahkan sedikit santan ke dalam blender  ketika menghaluskan bawang putih. Dan jika bawang putih sudah halus dan tercampur rata maka sisihkan.
  4. Setelah itu rajang bawang merah, lalu kemudian siapkan wajan dan minyak untuk menumis bawang merah. Tumislah hingga bawang merah layu.
  5. Jika sudah campurkan tepung terigu, tepung tapioka, bumbu halus, telur, dan sisa santan. Jika semua bahan sudah dimasukkan aduk hingga merata sampai adonan bisa diuleni. Uleni adonan sampai kalis.
  6. Pastikan adonan jangan terlalu lembek, karena jika lembek nanti akan lengket ketika akan digiling menggunakan cetakan.
  7. Apabila sudah maka ambil segumpal adonan lalu kemudian gilinglah dengan rolling pin. Giling adonan berulang agar mendapatkan lembaran halus, biasanya tiga kali giling adonan sudah menjadi lembaran halus.
  8. Taburkan alas adonan dengan menggnakan tepung supaya adonan tidak lengket saat akan diangkat nantinya. selanjutnya kalian bisa memotong adonan sesuai selera.
  9. Siapkan wajan dengan agak banyak minyak, kemudian panaskan dan goreng adonan yang telah dibentuk. Dalam menggorengnya pergunakanlah api sedang.
  10. Gorenglah hingga kue bawang matang, yang menandakan kue bawang sudah matang yaitu warnanya yang berubah menjadi kecoklatan. Jika sudah mendapatkan warna yang demikian angkatkah dan tiriskan kue bawang.
  11. Terakhir, diamkan keripik bawang yang sudah matang diatas tampah yang dialasi kertas agar minyaknya tiris dan mendingin. Jika sudah dingin maka kue bawang siap dimasukkan ke dalam toples.

Tips Dalam Membuat Kue Bawang

  1. Untuk mendapatkan kue bawang yang renyah sebaiknya tidak menggunakan banyak air, gunakan secukupnya air, menyesuaikan dengan komposisi bahan lainnya.
  2. Ketika mengaduk adonan sebaiknya tunggu sampai adonan tidak lembek lagi, karena ini akan menyebabkan adonan susah untuk digiling dan dipotong-potong nantinya. Selain itu saat menggoreng juga akan menggumpal. Sebagai solusi kalian bisa menggunakan mixer adonan agar tidak perlu sulit-sulit mengaduk hingga tidak legnket lagi.
  3. Untuk menggoreng adonan kue bawang, pastikan minyak benar-benar merendam permukaan adonan. Karena dalam menggorengnya menggunakan teknik deep fry. Jika kalian kesusahan untuk menggoreng dengan wajan biasa yang hanya cukup untuk jumlah sedikit dalam menggoreng kue bawang, kalian bisa menggunakan penggorengan . Ini akan memudahkan kalian dalam menggoreng dengan jumlah yang banyak.
  4. Sebaiknya kue bawang yang telah digoreng benar-benar ditiriskan minyaknya, ini bertujuan agar rasa kue bawang tidak dirusak oleh minyak yang masih terkandung pada kue bawang. Untuk meniriskan minyak secara manual kalian bisa mengalaskan tisue makan pada tempat meniriskan. Namun itu membutuhkan waktu yang lama dan kurang efisien. Kalian bisa menggunakan mesin spinner minyak  untuk meniriskan minyak dengan hasil yang lebih maksimal dan efisien.
  5. Sekali lagi pastikan kue bawang sudah benar-benar dingin saat anda akan mengemasnya. Ini akan menjaga kerenyaahan kue bawang nantinya. Selain itu simpan di tempat yang benar-benar kedap udara aga kerenyahan kue bawang tetap terjaga.

Peluang Usaha Kue Bawang

Jika kalian berniat untuk berwirausaha camilan, kue bawang merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dijual.

Karena kue yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia sebagai camilan. Terbukti dengan mudahnya menemui kue ini dimanapun.

Selain itu juga harganya terjangkau, sehingga dapat dibeli oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Kalian hanya perlu sedikit berinovasi dengan kue bawang kreasi kalian, mulai dari rasa hingga tampilan. Oleh karena itu kalian juga perlu mengemas nya dengan kemasan yang menarik agar lebih menjual ketika dipasarkan.

Demikianlah pembahasan mengenai kue bawang yang dapat dibagikan oleh penulis pada kesempatan kali ini. Tidak sulit bukan untuk membuat kue bawang.

Kalian hanya perlu sedikit telaten dan rajin berlatih membuat kue bawang agar kue bawang yang kalian buat sempurna rasa dan tekstur nya. Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk mulai membuat kue bawang ?

Sekian dari saya bila ada kurang dan lebihnya mohon maaf.terima kasih dan

Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *