cara membuat otak otak tanpa ikan

Resep Otak Otak Goreng Tanpa Ikan

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai otak otak goreng tanpa ikan berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Cara Membuat Otak Bebas Ikan

Tanpa menggunakan campuran daging ikan, Anda juga bisa membuat otak yang tentunya enak dan tidak kalah dengan otak otak yang menggunakan campuran daging ikan dan udang. Cara membuatnya juga sangat sederhana. Penasaran kan bagaimana cara membuat otak otak tanpa menggunakan ikan? Lihat saja resep lengkapnya di bawah ini.

Bahan:

– 200 gram tepung terigu

– 470 gram tepung sagu

– 40 ml santan instan

– 2 telur

– 400 ml kaldu udang, dari kepala dan kulit udang rebus

– 2 batang besar daun bawang, cincang halus

– Minyak goreng

Bumbu halus:

– 4 butir bawang putih

– 1 sendok teh garam

– 1/2 sendok teh merica bubuk

– 3 sendok makan rebon

– 1 sdt kaldu jamur

Cara membuat otak bebas ikan:

resep otak otak tanpa ikan
  1. Rebus kepala udang dan kulit udang hingga mendidih kurang lebih 15 menit kemudian saring. Haluskan bumbu, masukkan bumbu halus ke dalam kaldu udang dan didihkan selama 10 menit. Matikan kompor.

2. Masukkan kaldu udang dan bumbu panas ke dalam tepung. Aduk dengan sendok kayu atau spatula kayu dan dinginkan.

3. Tambahkan santan, telur dan daun bawang. Uleni dengan tangan. Masukkan tepung sagu. Uleni kembali hingga rata. Gosok telapak tangan dengan sedikit minyak. Pilin adonan dan lakukan hingga adonan habis.

4. Rebus air hingga mendidih, masukkan otak ke dalam air mendidih.

Biarkan mengapung. Setelah itu tiriskan dan dinginkan. Goreng otak sampai berwarna keemasan. Sajikan dengan sambal. Sisanya bisa dimasukkan ke dalam freezer.

Jika di atas adalah resep otak bebas ikan dibawah ini, saya akan berikan resep otak goreng dengan menggunakan ikan:

Cara Membuat Otak Ikan Tenggiri

Menu otak selanjutnya yang tidak bisa Anda tinggalkan begitu saja adalah otak yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri. Cara membuatnya cukup dibakar di atas teflon sebelumnya, adonan harus dibungkus dengan daun pisang. Yuk langsung saja simak resep cara membuat otak ikan tenggiri super enak berikut ini.

Bahan:

– 250 gram ikan tenggiri

– 190 gram tepung sagu petani

– 180 gram santan encer

– 50 gram putih telur

– 5 gram bawang putih digiling halus

– 5 gram bubuk ayam

– 3 gram garam

– 3 kucai, iris

– Saus belender yang lembut

– 100 gram air

– 30 gram cabai merah lemak

– 15 gram bawang putih yang digiling halus

– 5 gram biji tauco saja

– 10 gram gula aren

– Bubuk ayam secukupnya

Cara membuat otak ikan tenggiri:

  1. Haluskan ikan tenggiri lalu campur semua bahan kecuali tepung sagu. Aduk hingga rata hingga adonan mengental. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.

2. Lalu, ambil adonan kurang lebih satu sendok makan, bungkus dengan daun pisang. Kemudian panggang di atas teplon. Saat sudah matang tandanya adonan akan kembung. Untuk sausnya, didihkan.

Cara Membuat Otak Bandeng

Menu terakhir otak otak yang tentunya bisa Anda buat sendiri di rumah secara praktis adalah otak bandeng. Yap tidak perlu memasak bandeng yang belum diolah, pasti bosan dengan menu yang sama. Nah, ada baiknya menjadikan bandeng ini diolah dengan berbagai variasi menjadi otak yang enak dan tentunya keluarga anda akan menyukainya. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat otak ikan bandeng di bawah ini.

Bahan:

– 1 kg bandeng ukuran sedang kurang lebih 3 ekor

Bahan adonan:

– 3 telur

– 4 buah bawang putih

– 1/2 sendok teh merica bubuk

– 1 sendok teh garam

– 1/2 sdt kaldu jamur

– 1/2 sendok teh gula

– 2 sendok makan pati

Pewarna:

– 1 butir telur kocok lepas

– 1/4 sdt garam

Cara membuat otak bandeng:

  1. Siapkan ikan bandeng bersih termasuk isi perutnya. Siapkan bahan adonan, termasuk bawang putih yang ditumbuk halus, lalu sisihkan.

2. Letakkan ikan di talenan dengan posisi tidur atau dengan mata menghadap ke atas. Kocok tubuh ikan hingga ke ekor. Patahkan ekor dan patahkan tulang di bawah kepala ikan. Lakukan hal yang sama di sisi lain.

3. Lacak tulang dengan jari Anda, melalui bagian perut ikan yang robek,

pisahkan tulang dari daging ikan. Lakukan di sisi lain, lalu tarik keluar tulang ikan melalui sobekan perut. Berhati-hatilah untuk tidak memotong air mata lebar-lebar.

4. Buang tulang ikan dan buang juga duri halus yang menempel pada daging ikan terutama di bagian kepala, perut bagian atas dan ekor. Kemudian kikis daging ikan dengan sendok, taruh di wadah terpisah.

5. Bersihkan daging yang dikikis dari duri halusnya. Kemudian masukkan daging ikan ke dalam blender atau food processor, bersama dengan telur dan bumbu lainnya. Setelah rata, tambahkan tepung tapioka dan aduk kembali dalam blender atau food processor hingga rata.

6. Uji rasa dengan sedikit menggoreng adonan, bila sesuai masukkan adonan daging ke dalam piping bag. Melalui sobekan di tubuh ikan, masukkan piping bag berisi adonan ke dalam perut ikan, isi dari kepala hingga ekor. Sambil dipijat agar adonan masuk ke dalam tubuh ikan bandeng.

Bungkus dengan aluminium foil atau daun, lalu kukus dengan api sedang hingga matang. Angkat ikan dari aluminium foil / daunnya. Tunggu hingga dingin, lalu Anda bisa memotongnya dan menggorengnya dalam kocokan telur.

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai resep otak otak goreng tanpa ikan semoga artikel yang saya buat bermanfaat buat kalian sekian terimakasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *