Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

Bingung mengetahui cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa? Pusing karena sudah mencari pengertian dan belum menemukannya? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan penjelasannya. Jika Anda penasaran untuk membacanya, saya akan memberi tahu Anda tentang sabut kelapa sebagai media tanam.

Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

Media tanam adalah alat untuk menanam tanaman. Tanpa media tanam, kemungkinan tanaman tidak akan tumbuh dengan baik dan hasil yang optimal. Media tanam sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman karena media tanam merupakan wadah untuk menyerap unsur hara yang terkandung dalam suatu media tanam.

Berikut ini saya akan menjelaskan 2 contoh media tanam yang sangat baik untuk menanam tanaman anda di rumah atau di ladang.

Cocopeat adalah salah satu jenis media tanam yang berbahan dasar sabut kelapa yang diolah menggunakan mesin pengolah sabut kelapa menjadi Cocopeat. Oleh karena itu, Cocopeat bisa sangat mudah didapatkan oleh masyarakat yang terdapat di negara tropis dan kepulauan, seperti negara kita Indonesia. Ada banyak cara menanam anggrek dengan sabut kelapa yang bisa kita gunakan. Baik untuk kita gunakan dengan tanah, atau hanya menggunakan cocopeat yang berdiri sendiri.

Media Tanam Anggrek

sabut kelapa sebagai media tanam

Menanam tanaman hias merupakan hobi sebagian besar orang yang digemari oleh sebagian besar masyarakat luas. Salah satunya adalah menanam anggrek.

Anggrek ini merupakan tanaman hias menawan yang sangat enak dipandang mata. Dan pernah mengalami penurunan populasi pecinta Anggrek.

Bunga anggrek ini memiliki berbagai macam warna yang beraneka ragam, menambah daya tarik untuk kita ikuti dan koleksi karena memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecintanya. Cara membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa tidak terlalu rumit, sehingga banyak orang menanamnya sebagai hiasan rumah.

Media yang cocok untuk kita gunakan juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan dan keindahan bunga anggrek yang akan dihasilkan oleh tanaman anggrek ini. Media tanam yang digunakan dan menunjang keindahan warna dan bentuk bunga anggrek adalah sabut kelapa.

Sabut kelapa juga mengandung beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman kita untuk tumbuh. Selain itu, sabut kelapa ini juga memiliki kemampuan untuk menahan dan menyerap udara.

Tahap memilih sabut kelapa yang akan kita gunakan.

  1. Kami memilih sabut kelapa yang sudah coklat atau tua.
  2. Kemudian sabut kelapa ini bisa kita rendam selama kurang lebih 6 jam untuk menghilangkan tanin yang terdapat pada rongga sabut tersebut.
  3. Setelah kita selesai dengan tahap perendaman, selanjutnya kita bisa merendam sabut kelapa ini dengan fungisida cair. Hal ini kami lakukan agar sabut kelapa tidak ditumbuhi jamur bakteri yang akan menghambat pertumbuhan tanaman anggrek.
  4. Kemudian kita bisa menguras. Usahakan sabut kelapa ini tidak terlalu kering tapi juga tidak terlalu basah untuk kita gunakan.

Memilih Pot Yang Akan Digunakan

Pot yang biasanya baik untuk kita gunakan untuk menanam anggrek adalah pot yang terbuat dari tanah liat. Hal ini dilakukan agar terlihat estetis dengan bunga anggrek yang kita tanam. Pastikan menggunakan pot dengan lubang di bagian bawah agar tidak terlalu banyak.

Kemudian kita menggunakan pot dalam keadaan bersih. Jika perlu, kita harus menyemprotkan cairan fungisida agar tanaman anggrek terhindar dari jamur dan bakteri berbahaya.

Pemilihan bibit anggrek

Tahap selanjutnya kita bisa memilih bibit anggrek yang berkualitas. Bibit Anggrek yang memiliki daun dan warna hijau cerah, tidak cacat dan memiliki batang yang kuat dan indah. Kita juga bisa membelinya di toko tanaman hias.

Cara Membuat Media Tanam Anggrek Dari Sabut kelapa

  1. Pertama kita harus menyiapkan pot tanam, bibit dan media tanam sabut kelapa.
  2. Tambahkan arang kayu di bagian bawah agar kandungan udara tetap mengalir setelah kita siram.
  3. Kemudian barulah kita bisa membungkus sabut kelapa pada akar biji anggrek.
  4. Setelah itu, bibit yang sudah kita lilitkan pada sabut kelapa tersebut selanjutnya bisa dimasukkan ke dalam pot tanam.
  5. Tempatkan tanaman anggrek ini di tempat yang teduh dan cocok untuk proses pertumbuhan bunga dan daun.
  6. Jangan lakukan penyiraman jika belum 1 minggu dari proses penanaman.

Jual Cocomesh dari Produsen Cocomesh yang murah dan berkualitas. Didukung oleh bahan baku pilihan dan alat-alat pembuatan yang melewati quality control yang ketat sehingga menjadikan produk kami berkualitas ekspor. Tersedia berbagai ukuran diameter tali dan kerapatan jaring. Kami juga melayani custom ukuran cocomesh untuk memenuhi berbagai kebutuhan anda.

Sekian artikel dari saya tentang sabut kelapa sebagai media tanam membuat media tanam anggrek dari sabut kelapa, semoga bisa menambah wawasan anda. Serta memberikan peluang bagi para pebisnis untuk bersaing dalam jual cocomesh murah dan berkualitas. Semoga bermanfaat!.

Leave a Comment

Your email address will not be published.