Resep dan Cara Membuat Sate Telur Puyuh Bumbu Kuning

sate telur puyuh bumbu kuning
ilustrasi sate telur puyuh bumbu kuning

Sate telur puyuh bumbu kuning – Jika Anda suka makan ringan di angkringan, pasti sudah tidak asing lagi dengan ragam lauk yang disajikan dengan nasi kucing. Ada berbagai jenis gorengan, ceker bacem, sate usus, hingga sate telur puyuh.

Sate telur puyuh yang biasa disajikan di angkringan pada dasarnya adalah telur pindang versi mini yang biasa disajikan dengan gudeg. Rasanya manis dan gurih dengan tekstur yang kenyal saat digigit.

Berikut beberapa tips dan trik praktis membuat sate telur puyuh bumbu kuning yang sudah siap untuk dibuat. Sate Telur Puyuh Bumbu Kuning dapat anda buat dengan menggunakan 10 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut langkah-langkah pembuatan sajiannya.

Resep Sate Telur Puyuh Bumbu Kuning

Bahan-bahan

  • 25 buah telur puyuh, rebus, kupas (atau sesuai selera)
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 lembar daun salam
  • 1 potong lengkuas, memarkan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh gula merah
  • 1 sdt kaldu ayam
  • 300 ml air
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 ruas jari kunyit,
  • 4 butir kemiri

Tambahkan garam dan gula merah, tambahkan telur puyuh. sayur seperti daun singkong, labu kuning, ayam, tahu, atau telur dengan rasa yang gurih dan aroma kunyit yang tajam menggunakan bumbu kuning biasa sebagai bumbu rahasianya.

Kebanyakan orang yang menyukai makanan dengan racikan tradisional yang kaya ini. Cara memasak sayur bumbu kuning ini terbilang mudah dan bahkan untuk pemula sekalipun.

Anda mungkin tertarik dengan artikel Cara Membuat Dadar Gulung Pisang Coklat

Cara Membuat Sate Telur Puyuh Bumbu Kuning

  1. Rebus telur hingga matang, setelah matang dinginkan dengan cara direndam dengan air ini juga akan mempermudah dalam proses pengupasan
  2. Goreng telur puyuh hingga mengeluarkan lapisan kulit tipis
  3. Haluskan semua bumbu halus kemudian tumis dengan api sedang
  4. Rebus telur beserta semua bumbu-bumbu tumisan hingga meresap
  5. Sesekali diaduk dan dilakukan pengecekan rasa asinnya
  6. Apabila semua bumbu sudah kira-kira sudah meresap angkat kemudian tiriskan
  7. Tusuk telur puyuh dengan tusukan sate 4-5 butir setiap tusukan
  8. Sate telur puyuh siap dihidangkan, jangan lupa dibubuhi bawang goreng untuk menambah rasa yang lezat

Bagaimana? Mudah bukan? Hidangkan bersama sajikan beserta utama keluarga anda. Dijamin nagih lagi dan lagi.

Berkreasi Dengan Jajanan Olahan Telur Puyuh Kekinian – Sate Telur Puyuh Goreng

ilustrasi sate telur puyuh goreng

Kok sate digoreng? Itulah pertanyaan yang muncul di benak Anda saat pertama kali mendengar tentang Sate Telur Puyuh Goreng. Ya, mungkin sate telur puyuh bayangan adalah telur puyuh yang direbus, dikupas dan direkatkan dengan tusuk sate. Hal ini wajar karena ada sate telur puyuh yang beredar di lingkungan kita seperti itu.

Untuk yang satu ini sedikit berbeda dengan yang kita kenal sate telur puyuh. Cara memasak sate telur puyuh ini berbeda dengan sate telur puyuh diatas yaitu menggunakan wajan khusus yang juga bisa dijadikan cetakan.

Panci dengan cetakan khusus digunakan untuk mencetak telur puyuh. Sebelum meletakkan telur satu persatu, letakkan tusuk sate di tempat yang sudah ada di dalam wajan. Panaskan wajan dengan api sedang hingga panas.

Masukkan telur puyuh ke dalam mesin sate telur puyuh dan masak perlahan. Masak telur hingga bagian dasarnya matang dan keras, lalu balikkan sate telur agar matang merata. Untuk menambah rasa, sate telur puyuh juga disajikan dengan saus tomat atau sambal dan mayonaise.

Tidak ada kemasan atau wadah khusus, dan sate telur puyuh yang baru dimasak diberikan langsung kepada pembeli, dan sebagian besar dimakan langsung.

Harap Diperhatikan Dalam Mengkonsumi Sate Telur Puyuh

Telur puyuh memanglah mempunyai rasa yang enak juga menggugah selera. Banyak varian masakan sehingga menambah selera bagi yang hendak mengkonsumsinya. Namun, jika terlalu banyak mengkonsumsinya maka akan mendapatkan banyak kerugian bagi kesehatan.

Misalnya, kandungan protein yang yang tinggi dari telur puyuh dapat mengakibatkan rusaknya fungsi ginjal, mengganggu sistem metabolisme tubuh, mengalami gangguan siklus tidur, dan ada kemungkinan menghambat penyerapan nutrisi yang diakibatkan gangguan organ tubuh.

Kandungan kalori yang rendah disetiap butir telur puyuh akan membuat anda terlena untuk mengkonsumsi secara berlebihan. Satu butir telur puyuh mengandung sekitar 71 kkal (dari 4% kebutuhan tubuh manusia). Sedangkan satu porsi telur puyuh mengandung 380 miligram kolesterol, ini merupakan dua kali kandungan batas kolesterol harian yang diberikan oleh American Heart Association.

Dalam satu porsi telur puyuh juga mengandung 1,6 gram lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. Dengan data yang ada, diharapkan anda dapat mengontrol konsumsi sate telur puyuh ini.

Jika anda mengalami gangguan kesehatan atau alergi pada tubuh anda. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat agar mendapatkan pertolongan medis segera.

Baca Juga : Begini Resep Cara Buat Telur Puyuh yang Enak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *