Serta Perubahan Energinya

Alat elektronik kini menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat, dengan perkembangan zaman yang semakin modern alat elektronik bisa membantu segala hal dalam kehidupan masyarakat.

Alat elektronik merupakan alat yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Baik itu sumber dari kontak langsung arus listrik, maupun listrik yang didapat dari penyimpanan baterai.

Pada benda alat elektronik, listrik diubah menjadi bentuk energi lain sesuai dengan kebutuhan seperti energi kinetik dan potensial. Untuk lebih lengkap, yuk simak penjelasan dibawah ini!

Kipas Angin

Kipas angin merupakan alat elektronik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik atau gerak. Prinsip kerja dari alat ini yaitu kabel kipas angin dicolokkan pada terminal listrik, kemudian arus listrik akan mengalir ke dalam kipas dan menggerakkan dinamo yang berada dalam kipas angin. Setelah itu dinamo kemudian menggerakkan baling-baling kipas dan menciptakan angin.

Selain kipas angin ruangan yang pada umunya, jenis kipas exhaust pada ventilasi udara dan kipas angin dalam CPU komputer cara kerjanya juga sama dengan kipas angin ruangan.

Pengering Rambut

Pengering rambut merupakan alat elektronik yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik atau gerak dan juga energi panas, sama halnya dengan kipas angin, namun bedanya kipas angin tidak menciptakan energi panas.

Prinsip kerja dari alat pengering rambut ini adalah mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yang berfungsi untuk menggerakkan kipas, dan juga energi panas untuk membuat pengering rambut.

Setrika

Setrika merupakan alat elektronik yang mengubah dari energi listrik menjadi energi panas. Sistem kerjanya yaitu listrik dialirkan dari kebel ke setrika kemudian akan memanaskan elemen pemanas yang berada dalam setrika. 

Elemen pemanas ini akan terus menghasilkan panas selama setrika masih di aliri arus listrik, namun kini terdapat setrika yang sudah bisa mengkontrol suhu panas di setrika. Jika suhu setrika terlalu panas, maka elemen pemanas akan memutuskan aliran listrik dengan sendirinya.

Telepon Gengggam

Telepon genggam atau ponsel merupakan alat elektronik yang sangat banyak orang memilikinya. Telepon genggam ini mengubah energi listrik dari baterai menjadi bentuk energi lain seperti energi mekanik, suara dan cahaya.

Suara yang dihasilkan dari telepon genggam tersebut adalah energi bunyi yang berasal dari energi listrik. Selain alat elektronik telepon genggam, perubahan energi listrik menjadi energi suara dan energi cahaya terjadi pada komputer, laptop dan lain sebagainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *