Tips Diet Alami dan Penurunan Berat Badan Permanen

Kelebihan berat badan memang tak bisa lagi dipungkiri seolah kini menjadi momok yang menakutkan dan terkadang menjadi sesuatu yang sulit untuk dihindari. Selain mengurangi rasa percaya diri, obesitas atau kelebihan berat badan juga cukup berbahaya bagi kesehatan.

Salah satunya adalah mudah terkena penyakit jantung yang sering dialami oleh orang dengan berat badan berlebih. Jika Anda tergiur dengan iklan dengan mengonsumsi obat diet, sepertinya Anda salah.

Apakah Anda sudah cukup siap dengan risiko ginjal Anda diserang habis-habisan oleh minum suplemen dan sejenisnya? Jika belum, coba beberapa tips yang akan kami ulas di bawah ini. Berikut tips diet alami untuk menurunkan berat badan secara permanen dan dalam waktu yang relatif cepat:

Olahraga

Kembali ke dasar, olahraga merupakan kunci dari segala solusi masalah yang sering muncul, salah satunya obesitas. Selama program diet olahraga merupakan salah satu hal mutlak yang harus anda lakukan. Namun jangan lupa, olahraga terus menerus juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat untuk mengurangi timbunan lemak.

Diet sehat

Diet yang baik tidak hanya mengurangi konsumsi karbohidrat, tetapi juga mengurangi makanan yang mengandung terlalu banyak lemak, terutama lemak jenuh. Jika Anda terbiasa memasak menggunakan minyak goreng biasa, cobalah beralih menggunakan minyak zaitun sebagai campuran minyak sayur Anda.

Memang harganya cukup mahal, namun Anda juga akan mendapatkan manfaat lebih karena minyak zaitun banyak mengandung antioksidan. Perbanyak konsumsi buah atau salad yang sehat.

Istirahat yang cukup

Apakah Anda terlalu sibuk dan perlu mengisi ulang energi selama aktivitas? Hati-hati, dari situlah awal terjadinya obesitas yang harus Anda hindari. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang kaya serat dan istirahat yang cukup, agar Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa namun dengan stamina yang terjaga. Umumnya orang dewasa tidur selama 8 jam sehari.

Hindari stress

Ada dua macam implikasi stres. Pertama tubuh Anda menjadi kurus dan menyusut, sementara yang lain Anda akan melampiaskan stres pada makanan yang tentu saja berujung pada kenaikan berat badan yang tidak terkendali.

Untuk menghindari stres ini, tingkatkan liburan Anda meski tidak mampu berlibur ke tempat yang jauh, Anda juga bisa berlibur ke tempat wisata terdekat. Tapi ingat, jangan jadikan liburan Anda menjadi wisata kuliner ya, program diet Anda malah bisa berantakan jika sudah begini.

Mengkonsumsi Rempah-rempah

Salah satu cara cepat menurunkan berat badan adalah dengan memperbanyak konsumsi rempah-rempah seperti jahe, ginseng, kayu manis, kunyit, jinten dan sebagainya. Agar lebih mudah, Anda bisa mengonsumsi jamu yang banyak dijual. Konsumsi rempah-rempah dinilai mampu memperlancar metabolisme dalam tubuh.

Pijat

Pijat atau relaksasi dinilai mampu memberikan rasa nyaman dan mengurangi rasa lelah setelah beraktivitas. Anda juga bisa memijat pada bagian yang mengandung lemak, seperti pinggang, paha, atau perut. Hal ini dimaksudkan untuk melepaskan lemak yang menumpuk di bawah kulit.

Makan lebih sedikit dan makan lebih sering

Diet bukan tidak makan sama sekali, kalau melakukan itu malah bisa sakit dan terpaksa harus mengeluarkan uang lebih, kan? Nah, untuk mengantisipasi rasa sakit tersebut, Anda bisa memulainya dengan mengurangi volume makanan namun menggantinya dengan interval makan yang lebih sering. Ini berfungsi untuk mengontrol jumlah lemak dalam tubuh.

Hindari Konsumsi Minuman Bersoda

Minuman soda kini semakin dijauhi, tidak hanya tidak baik untuk gigi dan kesehatan, konsumsi minuman bersoda juga dapat menyebabkan obesitas. Selalu hindari minuman bersoda atau program diet Anda akan gagal hanya karena Anda tidak bisa menahan keinginan untuk meminum minuman jenis ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *