menjaga tekanan darah tetap normal

Tips Mudah Dan Ampuh Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Tekanan Darah menjadi satu parameter kesehatan bagi tubuh kita. Oleh sebab itu, ketika kita memeriksakan kesehatan ke dokter, selalu dilakukan pengukuran tekanan darah terlebih dahulu. 

Tekanan Darah yang tidak normal memang dapat menyebabkan banyak penyakit lain. Contohnya penyakit Stroke dan Jantung Koroner. Kedua penyakit ini disebabkan karena tekanan darah tinggi atau Hipertensi. 

Karena itu, menjaga tekanan darah tetap normal merupakan satu kewajiban yang harus kita lakukan setiap saat. Terlebih lagi untuk anda yang memiliki faktor resiko tekanan darah tinggi. Dan anda yang sudah memasuki usia 40 tahun keatas. 

Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Berikut ini sedikit tips yang bisa anda jadikan referensi bagaimana cara untuk menjaga dan mempertahankan tekanan darah kita selalu normal. 

1. Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat merupakan cara yang paling ampuh untuk mengembalikan kesehatan kita. Termasuk juga untuk menormalkan tekanan darah dan menjaganya agar tetap normal. 

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi tekanan darah adalah konsumsi garam yang berlebihan. Dengan menerapkan pola hidup sehat, otomatis pola makan anda juga akan berubah. Dan itu pastinya akan berpengaruh terhadap tekanan darah menjadi normal.

2. Olah Raga Teratur

Semua orang sepakat bahwa olahraga merupakan kegiatan yang positif dan memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Termasuk juga untuk menurunkan dan menormalkan tekanan darah. Olahraga yang teratur akan membuat metabolisme dan peredaran darah menjadi normal. Secara otomatis hal ini akan berefek baik pada tekanan darah. 

3. Kurangi Konsumsi Garam

Sudah kita jelaskan sedikit diatas bahwa salah satu faktor yang dapat meningkatkan tekanan darah adalah konsumsi garam yang berlebihan. Bagi anda yang suka dengan makanan asin. Hendaklah mencoba untuk mencari alternatif lain. Karena anda harus mengurangi konsumsi garam dapur. Menurut WHO, batasan garam dapur yang kita konsumsi per hari adalah 1 sendok teh. 

4. Pantau Terus Secara Rutin

Tekanan darah dapat diukur atau diketahui dengan menggunakan alat yang disebut tensimeter. Sekarang ini anda tidak perlu repot terus menerus pergi ke dokter hanya untuk mengecek tekanan darah. Anda bisa memilikinya dan menggunakannya sesuka anda di rumah, karena alat ini termasuk alat kesehatan yang dijual bebas di pasaran. Tersedia juga tensimeter digital yang sangat mudah digunakan. Anda bisa membelinya di mana saja termasuk anda bisa membeli di toko alat kesehatan online di seluruh Indonesia. 

5. Rutin Meminum Obat

Bagi anda yang sudah memiliki tekanan darah tinggi, maka anda wajib meminum obat secara teratur sesuai dengan petunjuk dokter. Konsultasikan dengan dokter anda, obat apa yang cocok untuk anda dan berapa dosisnya. Minumlah secara rutin dan jangan sampai terlewat. Obat tekanan darah bukan berfungsi menyembuhkan, namun hanya berfungsi untuk mengantisipasi agar tekanan tidak melambung tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.