izin PKRT, sertifikat produksi PKRT, izin edar alat kesehatan

TUJUAN ADANYA SERTIFIKAT PRODUKSI PKRT

PKRT (Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga) yang terdiri dari berbagai alat dan bahan atau campurannya dengan tujuan merawat kesehatan manusia dan terfokus pada penggunaan fasilitas umum dan rumah tangga. Sebelum melakukan peredaran PKRT tersebut, maka perlu adanya izin edar.

Izin edar itu sendiri meliliki arti izin PKRT hasil produksi produsen, dan diimport oleh importer kemudian akan diedarkan di wilayah NKRI berdasarkan nilai keamanan, mutu dan kebermanfaatan suatu produk tersebut. Oleh karena itu penting sekali perizinan ini dilakukan.

Izin edar alat kesehatan bisa dilakukan melalui online dengan almat website http://www.regalkes.depkes.go.id. Perizinan ini diberikan oleh Menteri Kesehatan langsung dilakukan tahap selanjutnya di Unit Layanan Terpadu Kementrian Kesehatan RI.

Direktorat Pengawasan Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan dan Rumah  Tangga - PDF Download Gratis
https://docplayer.info/47672479-Direktorat-pengawasan-alat-kesehatan-dan-perbekalan-kesehatan-dan-rumah-tangga.html

Hasil output dari izin edar adalah berupa sertifikat produksi yang dapat dilihat gambar di atas. Tujuan sertifikat produksi PKRT yakni sebagai berikut.

  1. Penjaminan mutu atau kualitas suatu produk secara konsisten pada pasca pemasaran

Alasan adanya sertifikat produksi PKRT ini dapat dipastikan produk tersebut terjamin kualitasnya, karena setelah pemasaran dapat diketahui bahwa produk tersebut telah memenuhi syarat keamanan, serta dapat diketahui manfaat dan meminimalkan resiko pasien yang ditimbulkan produk.

  • Agar membuat masyarakat yakin mengenai keamanan produk yang mereka gunakan

Sebelum produk PKRT ini beredar, maka pastinya perlu adanya pengujian terhadap sampel produk tersebut. Pengujian ini berfungsi untuk mengetahui kandungan, manfaat dan mutu, serta keamanan dari suatu produk sebelum di berikan ke pada masyarakat.

  • Agar mengetahui secara teliti mengenai produk yang palsu dengan melihat nomor izinan edarnya.

Adanya sertifikat produksi PKRT diharapkan dapat memastikan bahwa produk itu asli dan bukan palsu dengan cara melihat NIE (Nomor Izin Edar) yang ada.

  • Agar produk dapat diperjual belikan di dalam negeri ataupun di luar negeri

Melalui perizinan edar, PKRT akan mendapatkan banyak sertifikat yakni ada sertifikat bebas jual yakni produk dapat diperjual belikan secara bebas di Negara sendiri dan harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Ada juga sertifikat ekspor yang khusus digunakan untuk mengedarkan produk ke luar negeri dengan tujuan ekspor.

Setelah mendapatkan izin berupa sertifikat produksi PKRT tersebut, maka PKRT dapat menyebarkan produknya ke masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *