Urutan Distribusi Panel Listrik, Distribusi Panel Listrik Berkualitas

Kebutuhan perusahaan untuk energi, termasuk energi listrik adalah kebutuhan yang menjadi kebutuhan primer. Tanpa adanya pasokan listrik yang baik, proses produksi atau layanan perusahaan  akan terganggu dari sini penting untuk kita memahami urutan distribusi panel listrik dan dimana kita mendapatkan distributor panel yang berkualitas untuk kualitas aset perusahaan.

Urutan Distribusi Panel Listrik

Memahami alur atau urutan distribusi panel listrik sangat penting untuk menjaga agar pasokan listrik tetap lancar dan aman. Selain itu, dengan merancang sistem yang tepat juga akan menjaga aset perusahaan seperti mesin yang menggunakan daya listrik tidak cepat mengalami kerusakan. Berikut urutan distribusi panel listrik sebelum Anda mencari distributor panel berkualitas.

1. Gardu PLN

Sumber listrik pertama kali dialirkan dari Gardu PLN ke Panel MVMDB/P

2.  Panel MVMDB/P

Selanjutnya listrik akan dialirkan ke panel Panel MVMDB/P atau Medium Voltage Main Distribution Board atau yang juga dikenal sebagai Medium Voltage Main Distribution Panel. Panel ini disebut juga dengan Panel Distribusi Tegangan Menengah. Nantinya Panel MVDMB ini akkan mendapat supply tegangan dari PLN dengan tegangan 20kV kemudian akan menyalurkan tegangan ke beberapa Panel LVMDB melalui Trafo Stepdown / Transformer 20kV ke 380/220V.

3. Panel LVMDB/P

Dari Panel MVMDB/P selanjutnya aliran akan masuk ke Panel LVMDB/P yang disebut sebagai Low Voltage Main Distribution Board atau yang juga dikenal sebagai Low Voltage Main Distribution Panel. Panel ini juga dikenal sebagai Panel Distribusi Tegangan Rendah. Nantinya Panel LVMDB/P ini mendapat tegangan dari Transformer 20kv to 380/220V yang merupakan output dari Panel MVMDB.

4. Panel Feeder

Distributor panel selanjutnya akan mengatur tegangan dari Panel LVMDB/P agar dapat menyalurkan tegangan ke Sub Panel Distribusi lainnya seperti:

  • Panel MDP / SDP yang merupakan panel dengan tegangan 220 / 380 V. Panel ini contohnya seperti Panel Mesin, Panel LP (Lighting Panel)
  • Panel MCCP atau Motor Control Central Panel. Panel ini merupakan pusat pengontrolan beberapa motor, seperti contohnya Panel Pompa, Panel Exhaust Fan dan juga Panel Control motor lainnya.
  • Motor Inverter Panel atau panel yang merupakan panel yang dilengkapi dengan inverter. Tujuannya adalah mengatur kecepatan motor. Seperti Panel Booster Pump dan juga Panel Motor Conveyor.

Tak hanya perlu sistematika yang rapi, distributor panel yang berkualitas perlu menjaga agar urutan distribusi listriknya juga efisien. Untuk mengetahui distributor yang berkualitas dalam bidang distribusi listrik, Anda bisa mengunjungi https://galleoncy.com/ untuk lebih lengkapnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.